Efek Buruk Ketika Malas Pakai Sunscreen : Jerawat hingga Kanker

Gabung Orilame

Daftar Oriflame – Rajin menggunakan pelembab, serum atau krim malam, tapi kenapa masih banyak orang yang melupakan menggunakan krim tabir surya atau sunscreen? Semahal apapun krim pelembab atau serum anti-aging Anda, namun ketika kulit tidak mendapat perlindungan matahari dari sunscreen, maka efek buruk pada kulit tetap akan terjadi. Mengapa sunscreen penting untuk digunakan?

Sunscreen akan melindungi kulit dari efek jahat matahari karena sinar ultraviolet tersebut memiliki tiga kandungan, di antaranya UVA, UVB dan UVC. Menurut dr. Nanang Masrani, seorang konsultan kecantikan, sinar-sinar tersebut memiliki peran sebagai perusak jaringan kulit. 

bisnis oriflame

“Sinar UVA menyebabkan jerawat, psoriasis, kulit menggelap (tanning) dan beberapa kerusakan kulit lainnya,” ujar dr. Nanang, beberapa waktu lalu di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta.

Sinar UVA juga dapat merusak DNA yang memicu terjadinya kanker. Sedangkan UVB berpengaruh pada penuaan dini, seperti kerutan dan flek hitam. Dr. Nanang menjelaskan, sinar UVB dapat menembus lapisan kaca, sehingga sunscreen tetap perlu dipakai meski tidak keluar rumah.

Kandungan lainnya adalah UVC yang sering disebut-sebut sebagai penyebab kanker kulit. Namun, dalam blog kesehatan Health Physics Society, UVC belum ditemukan dampak buruknya bagi kulit. Justru UVC mampu mengatasi kanker.

Dalam penelitian di Tokai University School of Medicine di Jepang, terapi kanker bisa menggunakan ultra violet C (UVC). Dengan terapi sinar tersebut, kondisi sel kanker bisa melemah.

Setelah mengetahui bahaya sinar matahari, kini Anda perlu memiliki sunscreen yang tepat bagi kulit. Kepada Wolipop, dr. Nindita Hapsari Susanti, Sp.KK memberikan pandungan dalam memilih sunscreen.

“Bila banyak melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, gunakan sunscreen yang minimal memiliki SPF 30 dan berspektrum luas yang dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB. Begitupun jika anda gemar berolahraga outdoor atau renang, pilihlah tabir surya yang bersifat water resistance. Jika sehari- hari jarang terkena sinar matahari, misalnya hanya masuk mobil dan gedung kantor, bisa juga memakai SPF 15,” ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

banner 3

Selain mengandung SPF, cari sunblock yang memiliki label PA++. Label tersebut mampu melindung kulit dari sinar UVA yang dapat memicu kanker pada kulit. Agar manfaatnya maksimal, gunakan tabir surya 30 menit sebelum Anda keluar beraktivitas di bawah matahari. Dokter yang praktek di Bintaro Skin House itu menyarankan ulangi pemakaian tabir surya setiap 3 jam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s