Oriflame Menipu : Apakah Mungkin?

Pada suatu hari di inbox:
Saya      : (memperkenalkan diri sekaligus memperkenalkan bisnis Oriflame)
Miss.A  : “MLM ya?”
Saya   : “Iya, Mba :)”
Miss A : “Ngga ah, Ga tertarik”
Saya : (mencoba ngulik) ” Oh, begitu? Boleh saya tahu alasannya Mba?”
Miss A: “Pokoknya saya ga tertarik”
Saya : “Baiklah kalau begitu. Terima kasih atas waktunya Mba A”

tampil beda setelah join oriflame

Pernah mendapat penolakan serupa? Kalau jawabannya “Iya” selamat! Anda tidak sendiri kok. 🙂
Kebanyakan orang memang masih alergi terhadap yang namanya MLM. Dulu sebelum bergabung dengan Oriflame, Saya pun termasuk diantara orang-orang yang berpikiran negatif terhadap MLM. Apa Anda juga masih berpikir MLM itu:
-Joinnya mahal
-Harus beli produk jutaan rupiah dulu jika ingin bergabung
-Bisnis tipu-tipu
-Produk tidak jelas kualitasnya
-Cuma menguntungkan upline saja
-Pake sistem pembelian paket

Namun tidak begitu dengan di Oriflame, karena ini faktanya:
Join mahal
Faktanya: Join member di Oriflame, hanya Rp.49.900 saja, murah kan? Terkadang bisa lebih murah lagi dari itu jika kebetulan sedang ada promo. Coba pikir menurut Anda 49.900 itu mahal atau tidak? Kalau menurut saya sih tergantung untuk apa dihabiskannya. Jika dihabiskan untuk membeli seporsi makan siang tentulah mahal bagi sebagian besar orang. Namun untuk memulai suatu bisnis saya rasa Anda akan setuju kalau itu investasi yang sangat murah.

Harus beli produk jutaan rupiah jika ingin bergabung
Faktanya: Di Oriflame, jika Anda bergabung tidak ada kewajiban untuk membeli produk terlebih dahulu. Jadi disini tidak ada namanya istilah “melakukan 2 transaksi sekaligus dalam satu waktu”. Dari biaya member sebesar Rp.49.900 (normal) itu, member baru akan memperoleh yang namanya Starter Kit yang berisi antara lain: 2 buah katalog, flyer rekrut, flyer campaign, opportunity flyer, welcome letter dan panduan singkat cara menjalankan bisnis oriflame.
Bisnis Tipu-Tipu
“Katanya gabung di bisnis ini bisa dapat bonus hingga ratusan juta rupiah per bulan, dapat mobil-lah, jalan-jalan ke luar negeri. Bohong semua. Buktinya orang-orang yang kukenal ga ada tuh yang dapat semua itu. Malah mereka seringkali harus nombok buat nutupin poin”
Faktanya: Begini yaa, Oriflame itu cara kerjanya dengan menduplikasi. Maksudnya, kalau kita pengen sukses disini, maka harus bisa menduplikasi cara kerja orang-orang yang juga sudah sukses disini. Tidak harus upline langsung saja.
Dan MLM yang murni seperti halnya Oriflame , bukan merupakan bisnis dimana Anda bisa memperoleh passive income dengan hanya duduk manis di rumahAnda tetap diharuskan bekerja untuk memperoleh hasil yang diinginkan, hal ini berlaku untuk setiap level di Oriflame. Nilai plusnya adalah waktu yang lebih fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah.
Jadi jika Anda melihat orang-orang yang Anda sebutkan tadi, mereka hanyalah contoh orang-orang yang gagal karena enggan bangkit kembali lalu mulai menyebarkan berita miring tentang bisnis ini. Abaikan saja mereka karena buktinya banyak juga kok yang bisa sukses di bisnis ini. Kuncinya kerja keras dan pantang menyerah. Dan tipe orang seperti inilah yang memang pantas dihadiahi bermacam bonus dikarenakan usahanya.
Selain itu untuk membuktikan apakah suatu bisnis atau perusahaan MLM itu tipu-tipu atau bukan, Anda bisa mempelajari sistemnya, bisa dengan cara mencari tahu di internet atau lebih baik lagi dengan terjun langsung di bisnisnya. Selain itu juga Oriflame sudah terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)  yakni suatu badan yang mengawasi aktivitas penjualan langsung di Indonesia. Ini membuktikan bahwa perusahaan ini diakui secara resmi dan sistem kerjanya dinilai baik.
Produk tidak jelas
Faktanya: Produk di Oriflame jelas kok, mulai dari kosmetik, perawatan wajah dan kulit, toiletrees, hingga parfum baik untuk pria maupun wanita sudah melalui uji klinis (no animal tested) dan seluruhnya sudah terdaftar resmi di BPOM sehingga yakin aman untuk kulit. Jadi bukan produk abal-abal yaa. Bahkan produk minuman kesehatannya yakni Nutrishake sudah mendapat sertifikat halal lho dari MUI.
 

Cuma menguntungkan upline saja
Nah ini dia, jangan salah yaa membedakan MLM murni dengan sistem piramida/ponzi. Memang ada beberapa bisnis yang mengaku sebagai MLM namun sesungguhnya kalau kita pelajari sistemnya menggunakan sistem piramida/ponzi. Sistem ini sudah jelas-jelas merugikan member yang bergabung belakangan dan menguntungkan mereka yang duluan bergabung. Lihat bahasan saya mengenai hal itu di artikel saya yang berjudul MLM vs Sistem Piramida/ Ponzi.

Di Oriflame tidak ada seorang konsultan yang cukup duduk manis tanpa usaha apapun lantas mendapat bonus. Catat yaa. Karena disini perhitungan bonusnya menggunakan poin. Maka lebih adil. Bahkan tidak jarang seorang downline bisa melebihi bonus upline-nya dikarenakan kinerjanya lebih bagus dan lebih cepat dibanding sang upline.
Disini juga tidak mengenal yang namanya pembagian keuntungan antarmember. Saat member baru direkrut, member yang mengajak atau biasa disebut sponsornya tidak akan memperoleh keuntungan apapun dari  join fee yang dibayarkan. Begitu pun dengan keuntungan penjualan yang dilakukan masing-masing orang hanya akan dinikmati oleh yang bersangkutan dan tidak dibagi kepada para uplinenya. Upline hanya akan memperoleh akumulasi poin dari poin penjualannya pribadi beserta jaringan di bawahnya, untuk itu dia wajib membina dan membimbing para downline-nya tanpa henti.
So, adil bukan? Baik upline maupun downline sama-sama bekerja disini.

Nah, sudah tahu kan sekarang. Kalau masih tidak percaya dengan apa yang saya paparkan tadi mending langsung terjun aja yuk dan buktiin sendiri bareng Saya .

Advertisements

2 thoughts on “Oriflame Menipu : Apakah Mungkin?

    1. Dear Mbak Danish
      Bisnis tidak mengenal Gender mas , baik laki laki dan perempuan bisa menjalankan semua bisnis , yang penting jangan gengsi-an yah ..

      cheers
      Juwadi Harjo | Consultant Independent oriflame 081806830840

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s